Puasa, cara sederhana cegah liver berlemak

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalani bulan puasa. Selain sebagai ibadah, puasa sendiri memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang paling populer adalah puasa bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan serta membantu menghilangkan semua racun di dalam tubuh.

Tak berhenti sampai di situ saja, sebab sebuah penelitian yang dilansir dari indiatimes.com mengatakan bahwa puasa juga bermanfaat untuk mencegah levermu dari kegemukan atau penuh lemak.

"Saat puasa, asupan kalori berikut dengan kandungan lemak dalam makanan akan berkurang. Temuan menunjukkan bahwa selama puasa, penyerapan asam lemak di lever menurun sehingga membuat lever jadi lebih sehat," tulis penelitian ini.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal EMBO Molecular Medicine, para peneliti menambahkan bahwa selama puasa, produksi GADD45 beta atau nama protein yang diambil dari singkatan Growth Arrest and DNA Damage-inducible meningkat. Protein ini mengontrol penyerapan asam lemak di hati. Sehingga membuat lever pun bebas lemak.

Selain hasil tersebut, para peneliti dari Helmholtz Zentrum Munchen, Jerman ini juga menemukan bahwa kadar gula darah yang menjadi penyebab diabetes menurun secara signifikan.

Jadi, buat kamu yang beragama muslim, bersemangatlah dalam puasa. Selain menambah pahala, puasa juga akan menjadikan tubuhmu lebih sehat dari sebelumnya.


sumber: merdeka.com

www.elitespringbed.com

Comments

Popular Posts